Awas, Infeksi Jamur Juga Bisa Menyerang Mr P

(Foto: Thinkstock)

Jakarta, Selama ini infeksi jamur banyak menyerang perempuan, karenanya para pria merasa aman dari penyakit ini. Tapi jangan salah, karena infeksi jamur ini juga bisa menyerang penis laki-laki.

Meskipun kasusnya cukup jarang, tapi laki-laki juga memiliki risiko terkena infeksi jamur. Untuk itu dengan mengenali faktor risiko dan gejala yang muncul bisa membantu mengatasi masalah ini dan tidak menularkan pada pasangan.

Jamur Candida yang banyak menginfeksi hidup pada kulit yang sehat dan hangat serta di tempat lembab seperti mulut atau alat kelamin. Laki-laki yang melakukan hubungan seks tidak aman atau tidak menjaga kebersihan penis serta selalu berada dalam kondisi lembab bisa memicu terjadinya infeksi jamur.

Tanda dan gejala umum dari infeksi jamur pada laki-laki termasuk ruam kemerahan yang diikuti dengan rasa gatal atau terbakar di ujung penis. Namun infeksi pada laki-laki ini umumnya lebih mudah diobati, seperti dikutip dari Mayoclinic,Senin (9/7/2012).

Beberapa laki-laki diketahui memiliki risiko yang lebih besar terkena infeksi jamur pada alat kelaminnya dibanding dengan laki-laki lain. Ini dia faktor risikonya yaitu:
1. Menggunakan antibiotik dalam jangka waktu lama
2. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
3. Menderita diabetes
4. Berhubungan seks tanpa menggunakan kondom.

Gejala lain yang muncul seperti bengkak yang menyakitkan atau ada titik merah di ujung penis, bercak putih pada penis, kulit mengelupas dan rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil.

Gejala ini bisa menyebar ke daerah sekitarnya termasuk paha, bokong serta skrotum dan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Ini untuk memastikan apakah akibat infeksi jamur atau infeksi menular seksual yang merupakan masalah serius.

Pengobatan yang diberikan bisa berupa krim atau salep yang dioleskan ke bagian yang kena infeksi, atau jika diperlukan diberikan obat. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , ,

2 responses to “Awas, Infeksi Jamur Juga Bisa Menyerang Mr P”

  1. rudy says :

    maap mautaya dok.klo jamur di kulit kaya bersisik obat ya apa y dok?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: