Awas, Gatal-gatal Kelamin Bisa Disebabkan Penyakit Menular Seksual

Ilustrasi (dok: Thinkstock)

Jakarta, Biasanya orang akan malas berhubungan seks saat kemaluan terasa gatal, sebab rasanya tentu tidak nyaman. Selain itu, hubungan seks juga bisa menularkan gatal-gatal terutama jika penyebab gatal-gatal adalah penyakit menular seksual.

“Pada wanita yang paling banyak terjadi itu infeksi jamur candida, bisa menular lewat hubungan seksual juga,” kata dr Dani Djuanda, Sp,KK, spesialis kulit dan kelamin dari RS Mitra Keluarga, saat dihubungidetikHealth dan ditulis pada Rabu (13/2/2013).

Di daerah kemaluan khususnya pada perempuan, jamur candida bisa menyebabkan penyakit infeksi yang disebut candidiasis vaginalis. Selain gatal-gatal, ciri lainnya adalah radang kemerahan, rasa nyeri saat buang air kecil dan disertai keluarnya lendir seperti keju.

Pengobatan candidiasis vaginalis biasanya menggunakan antifungal atau antijamur. Cara tradisional yang sering digunakan adalah dengan mengonsumsi bawang putih dengan cara ditelan, sebab bumbu dapur ini dipercaya punya kandungan antijamur di dalamnya.

Selain jamur candida, penyebab gatal-gatal di kemaluan yang juga bisa menular lewat hubungan seksual adalah kutu kelamin. Berbeda dengan kutu rambut yang berwarna gelap, kutu rambut yang hidup di daerah kemaluan biasanya memiliki warna putih.

“Kutu kelamin juga bisa berpindah dari rambut kemaluan saat terjadi hubungan seksual,” kata Dr Putu Laksmi Anggari Putri Duarsa, SpKK, dokter kulit dari RS Sanglah Denpasar.

Namun demikian, Dr Laksmi mengatakan tidak semua penyebab gatal-gatal di daerah kemaluan bisa menular lewat hubungan seks. Penyebab gatal-gatal di bagian itu ada bermacam-macam dan cara penularannya juga tidak sama, bahkan ada yang bisa menular hanya karena tukar menukar pakaian.

“Tergantung jenis gatal-gatalnya. Bisa juga disebabkan karena scabies dan menular lewat pakaian yang sering dipakai bareng, Itu makanya kalau di pondok pesantren ada satu anak yang kena scabies terus nular ke anak-anak lain,” tambah Dr Laksmi.

Sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: