Efektifkah Kegel Atasi Ejakulasi Dini?

TANYA : Di berbagai artikel yang saya baca, untuk mengatasi ejakulasi dini bisa dilakukan dengan senam kegel. Apakah senam kegel tersebut ada efek sampingnya dalam jangka pendek/panjang jika tanpa bimbingan dari dokter atau ahlinya? Langkah apa yang terbaik untuk mengatasi ejakulasi dini. Terima kasih banyak  atas jawabannya.   Pratama (24) Yogyakarta

JAWAB : 

Untuk mengatasi ejakulasi dini, latihan Kegel memang merupakan salah satu rekomendasi. Berarti pria yang mengalami ejakulasi dini boleh mencoba mengatasinya dengan latihan Kegel. Dengan latihan Kegel maka otot dasar panggul dilatih agar lebih kuat dan diharapkan mempu mengontrol ejakulasi ketika melakukan hubungan seksual. Dengan demikian maka ejakulasi dapat ditunda.

Tetapi apakah dengan melakukan latihan Kegel, ejakulasi dini pasti dapat diatasi, tentu jawabannya tidak pasti. Latihan Kegel hanya dapat mengatasi ejakulasi dini kalau penyebabnya berkaitan dengan kelemahan otot dasar panggul, di sekitar pangkal penis.

Kalau penyebab ejakulasi dini karena fakor lain, tentu latihan Kegel tidak bermanfaat. Karena itu ada pilihan lain untuk mengatasi ejakulasi dini, misalnya dengan menggunakan obat tertentu. Tetapi kalau Anda mau mencoba, silakan saja. Masalahnya, apa benar Anda mengalami ejakulasi dini?

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: