Gairah Seks Wanita Lebih Sensitif pada Stres, Ini yang Harus Dilakukan Suami

Stres tak hanya membuat siapapun tertekan dan uring-uringan, tapi diam-diam juga mengganggu kehidupan seksual mereka yang mengalaminya. Namun sebuah studi menekankan gairah seks wanitalah yang lebih sensitif terhadap stres.

Tim peneliti dari Kinsey Institute, AS mendapatkan kesimpulan itu dengan mensurvei sejumlah partisipan terkait aktivitas seksual mereka. Peneliti juga memberikan penilaian tentang bagaimana pengaruh mood-mood tertentu, seperti tertekan, depresi, atau bahagia, terhadap libido mereka. Dan terbukti, partisipan wanita memiliki kecenderungan lebih kecil untuk mengalami peningkatan gairah seks ketika mereka tengah merasakan bad mood.

“Itu masuk akal, karena biasanya pria melampiaskan stresnya dengan olahraga ke gym, sedangkan wanita cenderung memendam perasaannya, membiarkan tekanan itu terus menumpuk dari waktu ke waktu,” terang peneliti Kathryn Macapagal, Ph.D.

Namun tak usah khawatir, ketika para pria mendapati istrinya tengah stres, yang perlu mereka lakukan hanyalah memperhatikan gejala stresnya dan melakukan sejumlah trik seperti halnya dikutip dari Men’s Health, Jumat (22/11/2013) berikut ini.

1. Gejala: si dia mendadak doyan belanja
Berbelanja mungkin akan meredakan stres seorang wanita, tapi sebenarnya manfaat itu hanya bersifat sementara. “Ketika Anda membeli sesuatu yang menarik dan baru, otak meresponsnya dengan cara seperti ketika Anda mendapatkan hadiah. Tapi sebuah riset menunjukkan jika bagian menyenangkannya hanyalah pada saat membeli barang,” terang Macapagal.

Jika sepatu baru bisa membuatnya bahagia, cobalah rencanakan kencan yang murah meriah, misalnya dengan mengunjungi museum atau mendaki gunung bersama.

2. Gejala: otot-ototnya menegang
Untuk itu Macapagal mengatakan jika Anda merasa istri sedang stres, sentuhlah dia agar stresnya mereda, terutama dengan mengelus punggungnya secara perlahan

Sebuah studi dari University of Colorado mengatakan penumpukan stres menyebabkan peningkatan aktivitas otot, terutama di bagian punggung, sehingga dengan mengelus punggung istri, dapat dipastikan hal itu akan membantu meredakan tekanan yang dirasakannya.

3. Gejala: istri cenderung mengabaikan penampilannya
Stres dapat mengganggu kemampuan seorang wanita untuk memprioritaskan dirinya sendiri, meski itu berarti tak lagi melakukan hal-hal yang biasanya ia sukai.

“Mungkin ia jadi merasa tak punya waktu untuk mengurus dirinya sendiri, entah itu berdandan sebelum kerja, memakai makeup ataupun olahraga,” tutur Macapagal.

Yang bisa dilakukan suami adalah membuat istri tetap memprioritaskan aktivitas yang harus ia lakukan setiap hari. Misalkan jika ia terbiasa aktif ke gym, bantu si dia untuk tetap melakukannya. “Sesampainya di rumah, kenakan baju olahraga Anda dan ajak ia untuk ikut bersama Anda,” saran Macapagal.

Atau apabila istri Anda suka sekali dengan perawatan manicure tapi ketika Anda melihat kuku si dia kurang terawat belakangan, hadiahi istri dengan voucher salon atau spa agar ia bisa menikmati layanan perawatan tubuh disana.

Dan jika istri sudah tak stres lagi, tentu Anda akan lebih mudah mengajaknya berhubungan intim lagi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: