Gangguan Hasrat Seks Pria Dipengaruhi Hormon Produsen ASI?

Kalau pria bermasalah di atas ranjang, biasanya itu karena stres atau rendahnya kadar testosterone dalam tubuhnya. Namun sebuah studi baru mengatakan masalah seksual pada pria bisa jadi karena tubuhnya kekurangan hormon produsen ASI. Kok bisa?

Fakta ini tentu mengejutkan karena selama ini yang diketahui banyak orang adalah hormon bernama prolaktin ini identik dengan wanita, karena berfungsi merangsang pertumbuhan payudara dan produksi ASI pada wanita. Akan tetapi dalam studi ini malah ditemukan bahwa hormon ini ternyata juga mempengaruhi fungsi seksual pria secara signifikan.

Hal ini dibuktikan peneliti dengan mengukur kadar testosterone dan prolaktin, kadar kolesterol dan gula darah serta indeks massa tubuh (BMI) 3.000 pria Eropa berusia 40-79 tahun. Partisipan juga diminta mengisi kuesioner tentang kondisi kesehatan, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan fungsi seksualnya.

Seperti dilansir NBC News, Jumat (22/11/2013), dari situ diketahui bahwa rendahnya kadar prolaktin ternyata ada hubungannya dengan sejumlah gejala gangguan kesehatan seksual, begitu juga dengan kesehatan psikologisnya. Bahkan pria yang kadar prolaktinnya berada di bawah rata-rata, meskipun masih dalam batasan normal, lebih cenderung melaporkan jika fungsi seksual makin lama makin memburuk, terutama berkaitan dengan kepuasan orgasme mereka.

Kata peneliti, pria-pria ini juga lebih banyak memperlihatkan gejala depresi ketimbang pria yang kadar prolaktinnya tak begitu rendah. Studi yang sama juga menemukan bahwa rendahnya prolaktin dapat dikaitkan dengan indeks massa tubuh (BMI) dan kadar gula yang tinggi serta rendahnya tingkat aktivitas fisik.

Yang tak banyak diketahui orang, ternyata prolaktin tak hanya dihasilkan oleh wanita, tapi juga para pria, kendati hingga kini fungsi hormon ini sendiri belum jelas. Lagipula peneliti mengaku tak tahu-menahu bagaimana prolaktin dapat meningkatkan fungsi seksual seorang pria.

Bisa jadi rendahnya kadar prolaktin menyebabkan perubahan kadar senyawa-senyawa kimia yang bertugas mengirim sinyal di dalam otak untuk mengatur perilaku seksual seseorang. Peneliti juga tak menutup kemungkinan kondisi kesehatan yang buruk berada di balik rendahnya kadar prolaktin dalam tubuh, termasuk rendahnya gairah seks.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: