Kebiasaan Sehari-hari Seperti Ini Bisa Juga Tambah Hasrat Bercinta Lho

Jakarta, Sebuah riset menemukan sepertiga wanita dan 15 persen pria kerap kehilangan gairah untuk bercinta secara rutin. Padahal sebenarnya ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk membangkitannya kembali, dan itu semudah kegiatan sehari-hari Anda.

Berikut 8 kebiasaan harian yang dapat mendongkrak hasrat bercinta setiap pasangan, seperti dikutip dari Foxnews, Selasa (11/2/2014):

1. Rencanakan lebih banyak kencan
Semarakkan romantika hubungan Anda dengan malam kencan seperti ketika Anda masih pacaran. Tak harus mewah, cukup ke bioskop atau makan malam di tempat Anda dulu sering datangi saat masih pacaran.

“Titipkan anak pada teman atau anggota keluarga yang lain dan tawarkan hal yang sama bila mereka membutuhkan,” saran Dr. Leah Millheiser, direktur Female Sexual Medicine Program, Stanford Hospital & Clinics.

2. Ganti pil KB
Perubahan hormonal berpengaruh besar terhadap gairah seksual seseorang. Dan salah satu ‘tersangkanya’ adalah pil KB karena dapat mengurangi produksi testosterone tubuh, hingga akhirnya menurunkan gairah seksual. Bahkan ada juga yang menyebabkan nyeri saat bercinta.

Kalaupun Anda tidak sedang mengonsumsi pil KB, pastikan Anda tahu status hormon Anda karena ini erat kaitannya dengan kondisi libido Anda. Kondisi lain yang dapat menurunkan libido adalah kegiatan menyusui dan menopause.

3. Cek obat lain
Perhatikan kotak obat Anda, bisa jadi obat yang selama ini diresepkan untuk Anda adalah penyebab rendahnya libido Anda. Selain pil KB, obat lain yang kerap dikaitkan dengan kondisi ini adalah obat untuk hipertensi, asam refluks atau GERD, kecemasan dan depresi.

“Bila obat-obatan adalah penyebab rendahnya libido Anda, diskusikan kekhawatiran Anda dengan dokter yang meresepkannya. Mungkin bisa diganti dengan obat yang efek sampingnya lebih sedikit,” kata Millheiser.

4. Bagi pekerjaan rumah tangga dengan adil
Setelah seharian bekerja, mungkin Anda terlalu capek untuk mengurus anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga. “Meski anak sudah tidur, Anda masih harus bersih-bersih. Akibatnya keintimanlah yang jadi korbannya,” tutur Millheiser said.

Akan lebih baik bila pekerjaan rumah tangga dibagi dengan adil dan pastikan salah satu pihak tidak membebani lainnya. Hal ini juga akan membuat pasangan lebih bahagia di atas ranjang maupun di luar.

5. Ubah setting kamar
“Saat ingin berduaan dengan suami, jangan biarkan anak atau hewan peliharaan masuk ke kamar karena akan membunuh mood bercinta Anda, misal dengan menutup pintu di malam hari,” ujar Millheiser.

Mungkin untuk membiasakannya agak susah namun menciptakan kamar tidur kembali ‘seksi’ akan membuat Anda lebih rileks dan siap untuk bercinta.

6. Tambahkan seks dalam jadwal
Ini mungkin tidak terlihat romantis tapi mempersiapkan waktu tertentu agar bisa berdua bersama pasangan itu berarti Anda tengah berkomitmen dengan kehidupan seks Anda. Dengan begini Anda pun terdorong untuk menepatinya.

7. Gunakan pelicin
Anda takkan menikmati hubungan intim bila seks terasa menyakitkan, antara lain karena kekeringan vagina. Tapi ini bisa diatasi dengan cara menggunakan pelicin.

“Cobalah lubrikan yang berbahan silikon atau pelembab vagina. Lubrikan silikon tahan lama dan lebih melembabkan ketimbang yang berbahan air,” saran Millheiser.

8. Usir stres
Semua pasangan pasti tahu bila stres memberikan efek luar biasa pada kehidupan seksual, apalagi stres memicu tubuh menghasilkan hormon kortisol secara berlebihan yang dapat menekan libido seseorang.

Untuk itu sebelum naik ke ranjang, cari cara mudah untuk meringankan beban pikiran atau melupakannya barang sejenak, misal mandi air hangat atau membaca buku yang menghibur.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: