Ini Sebabnya Mengapa Pria Justru Merasa Ngantuk Sehabis Bercinta

Jakarta, Usai bercinta, wanita biasanya lebih senang jika ia berbincang sambil memeluk sang suami. Tapi sayangnya, pria justru lebih cenderung merasa ngantuk selesai bercinta hingga tak jarang pria tertidur dan meninggalkan pasangannya yang sedang dalam keadaan kesal.

Nah, rasa kantuk yang dialami pria usai bercinta atau post-coitus sesungguhnya bukanlah mitos. Sebab, ada beberapa penelitian yang membuktikan pria merasa kelelahan dan perlu tidur setelah ia berhubungan seksual. Selain itu, pria juga melepaskan hormon dan bahan kimia berbeda yang dilepaskan tubuh.

Hormon tersebut menginduksi tidur dan mempersempit kesempatan bagi pria untuk melakukan ‘putaran kedua’ rutinitas bercintanya. Dilansir Health Me Up, Selasa (11/3/2014) berikut ini hormon yang dilepaskan setelah pria mengalami ejakulasi dan membuat ia tertidur:

1. Prolaktin
Kepuasan seksual menghasilkan hormon yang bisa menginduksi rasa kantuk ini. Jika Anda ingin melawan hormon ini dan berharap bisa beraksi lagi di ranjang, produksi hormon dopamin bisa jadi cara melakukannya.

2. Oksitosin
Hormon yang juga dikenal dnegan hormon cinta ini dihasilkan agar tubuh terasa rileks. Sehingga, wajar jika pria merasa mengantuk setelah ia mencapai hubungan seksual yang memuaskan.

3. Vasopresin
Hormon ini mengencangkan pembuluh darah dan memainkan peran penting dalam proses homeostasis tubuh. Vasopresin langsung dilepaskan di otak dan cenderung membuat tubuh rileks.

4. Serotonin, Norepinefrin, dan Nitric Oxide
Ketiga hormon tersebut adalah neurotransmitter utama yang membuat tubuh rileks. Khususnya nitrat oxide, zat tersebut dilepaskan di dalam penis.

5. Olahraga
Dibanding wanita, saat berhubungan seks pria lebih banyak mengerahkan tenaganya, seperti saat sedang berolahraga. Jadi, wajar saja bukan ketika ia merasa kelelahan seusai bercinta dan malah memilih untuk tidur ketimbang memeluk Anda sejenak?

Advertisements

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: