Ini Penyebab Mengapa Buah Zakar Bisa Terasa Nyeri Tiba-tiba

Jakarta, Terkadang, ada pria yang merasakan nyeri hebat pada bagian buah zakarnya. Tak jarang, kondisi ini pun membuat mereka khawatir jikalau ada gangguan pada kesehatan reproduksinya.

Nah, nyeri pada skrotum dapat timbul secara tiba-tiba dan hebat (akut skrotum) maupun nyeri kronik pada skrotum (orchialgia), demikian dikatakan dr Ayodia Soebadi SpU dari RSUD Dr Soetomo Surabaya kepada detikHealth, Selasa (3/6/2014).

“Nyeri hebat pada skrotum bisa jadi gejala torsio testis, yaitu terpuntirnya funikulus spermatikus atau spermatic cord. Struktur ini seperti kabel yang menghubungkan buah zakar dengan organ dalam tubuh, dan berisi saraf, pembuluh darah dan otot,” terang dr Yodi, begitu ia akran disapa.

Lebih lanjut, dr Yodi menuturkan akibat terpuntirnya pembuluh darah nadi atau arteri, torsio testis yang terjadi lebih dari enam jam dapat berakibat matinya jaringan testis.

Oleh karena itu setiap keluhan nyeri hebat tiba-tiba pada testis memerlukan pemeriksaan yang lengkap agar dapat terdeteksi apakah ada kasus torsio testis . Meski begitu, dr Yodi mengakui kadang cukup sulit membedakan torsio testis dengan penyebab lain dari akut skrotum, yaitu infeksi pada buah zakar atau saluran epididimis.

“Penyebab yang jarang namun juga dapat ditemui adalah torsio apendiks testis ataupun apendiks epididimis. Kedua struktur ini didapat pada sebagian kecil laki-laki, yang merupakan sisa dari proses perkembangan testis,” lanjut dr Yodi,

Keluhan yang dirasakan akibat puntiran kedua struktur kecil ini yaitu tampak seperti kista pada testis atau epididimis sehingga sangat mirip dengan torsio. Pada nyeri testis kronik seringkali dikeluhkan ada nyeri yang dirasakan meskipun tidak ditemukan penyakit yang mendasari.

“Keluhan nyeri pada testis dapat didasari penyakit seperti infeksi, varikokel, spermatokel, maupun dalam kasus yang jarang yaitu hidrokel. Tetapi nyeri menetap tanpa kelainan juga sering ditemukan,” tutup dr Yodi.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: