Rutin Bercinta Setiap Hari, Apa Dampaknya?

Jakarta, Jika bercinta disebut-sebut sebagai salah satu aktivitas yang menyehatkan, lantas adakah dampaknya terhadap tubuh jika aktivitas ini dilakukan setiap hari?

Menurut seksolog dr Andri Wanananda, MS, frekuensi hubungan seksual amat individual untuk setiap pasangan. Hal ini dipengaruhi oleh dua hal, yakni usia dan kebugaran seksual.

“Untuk usia, pada pasangan lansia frekuensi bercinta tentu amat jarang. Sementara untuk kebugaran seksual, ditentukan oleh kebugaran jasmani dan psikis. Jelasnya, kalau salah satu pasangan sedang sakit atau stres, maka frekuensi bercintanya akan menurun,” ungkap dr Andri kepada detikHealth, dan ditulis pada Jumat (18/7/2014).

“Tidak masalah, asalkan dilakukan saat tubuh bugar, atas kehendak bersama, serta tidak mengganggu hidup dan kegiatan rutin sehari-hari,” tandas pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta tersebut.

Sementara itu, Helen Fisher, PhD, dari Rutgers University, mengatakan bahwa aktivitas seksual ‘dirancang’ untuk membuat pasangan merasa rileks dan tubuh pun menjadi sehat.

“Melakukannya secara rutin tak cuma baik bagi kualitas hubungan Anda berdua, tapi juga baik bagi kesehatan, khususnya bagi sistem respirasi, otot, dan kontrol kandung kemih. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan antidepresan yang baik dan dapat memperbaharui energi Anda,” ujar Fisher. 

Seperti diketahui, bercinta memiliki beberapa manfaat sehat, di antaranya mampu mencegah flu, mellindungi jantung, membuat awet muda, mengatasi sakit kepala dan meredakan stres. Selain itu, rutin bercinta setiap hari juga dapat melancarkan siklus haid bagi wanita dan produksi sperma bagi pria.  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: