Bakar Kalori dan Bikin Awet Muda, 5 Manfaat Sehat Rutin Bercinta

Selain menyenangkan, aktivitas bercinta jika dilakukan dengan rutin juga dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh lho. Tak percaya? Simak fakta-fakta berikut!

Berikut daftar manfaat dari bercinta secara rutin, seperti telah detikHealthrangkum dari berbagai sumber pada Jumat (24/4/2015):

1. Sehatkan jantung


Sebuah studi di American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa pria yang berhubungan intim dua kali seminggu memiliki risiko lebih rendah dari penyakit kardiovaskular, jika dibandingkan dengan pria yang tak melakukannya secara rutin.

Menganalisis catatan kesehatan dari 1.165 pria yang dipantau selama 16 tahun sebagai bagian dari Massachusetts Male Aging Study, ahli epidemiologi di New England Research Institutes menemukan bahwa pria yang memiliki aktivitas seksual hanya sekali dalam sebulan atau bahkan kurang berisiko 50 persen lebih besar untuk terkena penyakit kardiovaskular, jika dibandingkan dengan pria yang melakukan aktivitas seksual lebih dari sekali dalam seminggu.

“Penelitian kami menemukan bahwa frekuensi yang kurang dari aktivitas seksual meningkatkan risiko masalah jantung dan pembuluh darah,” ungkap Susan Hall, PhD.


2. Membakar kalori

Studi terbaru ini mengungkapkan bahwa kalori yang dibakar saat bercinta serupa seperti olahraga. Rata-rata pria membakar sebanyak 4,2 kalori per menit saat bercinta, sementara wanita membakar rata-rata 3,1 kalori per menit.

Selain itu, ditemukan juga bahwa saat bercinta rata-rata pria membakar sebanyak 101 kalori, sementara wanita membakar sekitar 69 kalori.

“Dari angka ini, hasil studi menunjukkan bahwa aktivitas seksual berpotensi untuk dipertimbangkan sebagai latihan fisik untuk membakar kalori,” tulis para peneliti, seperti dikutip dari jurnal Plos One.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh


Sebuah studi yang dilakukan di Wilkes University, Pennsylvania oleh Carl J. Charnetski, PhD dan Francis X. Brennan Jr, PhD menemukan bahwa mereka yang rutin bercinta sekali atau dua kali dalam seminggu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan mereka yang bercinta kurang dari sekali dalam seminggu.

Rajin bercinta juga dilaporkan lebih cepat menyembuhkan flu. Sebuah studi di Jerman yang mempelajari 11 pria menemukan bahwa gairah seksual dan orgasme cenderung meningkatkan jumlah sel pembunuh benda asing dalam tubuh yang disebut leukosit.

4. Membuat awet muda dan mencegah keriput


Bercinta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah stagnasi, dan membantu mengeluarkan racun melalui keringat lewat pori-pori kulit. Selama bercinta otot-otot di seluruh tubuh, termasuk di wajah, akan bergerak dengan konstan dan pada akhirnya dapat membantu menangkal datangnya kulit keriput.

Berkeringat merupakan salah satu proses hasil peningkatan sirkulasi di dalam tubuh. Selain melalui hubungan intim, hanya ada satu hal lain yang juga melepaskan hormon oksitosin anti-penuaan, yaitu melahirkan.

Melakukan hubungan intim secara teratur dapat meningkatkan kadar estrogen, sehingga dapat mencegah kulit kering dan juga meningkatkan elastisitas kulit.

5. Menurunkan risiko kanker


Beberapa studi telah menunjukkan bahwa rutin ejakulasi dapat menurunkan risiko kanker prostat. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat pada 29.000 orang berusia 46-81 tahun, dilaporkan bahwa mereka yang rata-rata melaporkan orgasme 21 kali per bulan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kanker prostat daripada pria yang rata-rata hanya berejakulasi sekitar 7 kali per bulan.

Disimpulkan bahwa jarang berhubungan intim bisa jadi faktor risiko pria mengalami kanker prostat. Saat berhubungan intim, ejakulasi membuat pria melepaskan zat-zat yang berkontribusi pada pertumbuhan sel kanker. detik.com

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: